#HappyTummy,

#HappyTummy Lezatnya Kepala Ikan Manyung Khas Semarang

Friday, March 06, 2015 Lindaleenk 6 Comments

In English:
Semarang has many culinary seafood restaurant, and one the typical dishes that you should try is " Kepala Ikan Manyung" from Semarang. "Ikan Manyung" are kind of fish that can be found on the north coast of the island of Java. It's usually treated by salted or smoked.

Once in Semarang, my parent ask me to join lunch with them. Warung Makan Selera Bu Fat place at Banjir Kanal. The place is not big, but they have many customer. Their menu is varied, but the most wanted is their Kepala Ikan Manyung. The fish is taste good, it's don't have a lot of thorns around his head. Just add some warm rice and you will eat more (means one plate is not enough).

For on serving for this dishes you should pay 75 thousand rupiah, a bit pricey but woth it.


In Indonesia:

Semarang memiliki banyak menu kuliner masakan laut, saya yang sudah lama tinggal di Semarang ternyata malah belum terlalu menguasai kuliner di sana. Salah satu yang wajib dicoba adalah masakan kepala ikan manyung khas Semarang.Ikan manyung termasuk sejenis ikan laut yang banyak terdapat di pantai utara pulau Jawa, biasanya diolah dengan cara diasinkan atau diasap.

Begitu sampai di Semarang, saya langsung diajak mama papa makan siang. Tempatnya di daerah Banjir Kanal, agak masuk dari jalan besar, namanya warung makan Selera Bu Fat. Tempatnya tidak terlalu besar namun pelanggannya banyak.

Menu yang disediakan di warung makan ini sebenarnya beragam, namun yang jadi andalannya Kepala Ikan Manyung. Rasanya gurih, ikan ini tidak memiliki banyak duri di sekitar kepalanya. Beberapa bagian di kepalanya terdiri dari tulang muda yang bisa dimakan. Dagingnya pun banyak, ditambah nasi panas dan kuahnya, makan tidak cukup hanya satu piring.

mangut Kepal Ikan Manyung

Satu porsi kepala ikan manyung ini cukup besar, bisa dinikmati oleh dua-tiga orang. Seporsinya dihargai 75ribu tapi sepadan sama rasa dan kenyangnya. Warung Bu Fat ini kabarnya sudah dikelola oleh generasi keduanya, namun soal rasa (katanya) tidak berubah, tetap lezat. Warung Makan Bu Fat buka mulai 07.00-19.00 dan sampai saat ini belum ada cabang lainnya.


---
Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat
Jl. Ariloka Krobokan, Semarang Barat
Gmap

You Might Also Like

6 comments:

  1. wah di banjir kanal yak, keren pengen nyobain pas di Semarang :D

    ReplyDelete
  2. baru denger nama ikan itu, pengen nyobain

    ReplyDelete
  3. Semarang barat ya, nanti kalau mudik aku cobain deh

    ReplyDelete
  4. Mbak @lidya iya, ini enak banget dan nagih :))

    ReplyDelete
  5. Di gresik kalo manggut begini, bumbu nya kentel trus di bungkus daun pisang macam pepes gitu

    ReplyDelete
  6. @cumi aku mau ke Gresikkk, belum pernah :|

    ReplyDelete